Senin, 14 Maret 2022

KEGIATAN PTS DI KKG FLAMBOYAN

 


Penilaian Tengah Semester


PTS merupakan singkatan dari penilaian tengah semester. Fungsi dari PTS ini adalah sebagai bentuk penilaian kinerja dan belajar siswa selama setengah semester. PTS akan terlaksana pada pekan ke-8 atau ke-9 dalam setiap kali semester.

Materi yang akan diujikan pada Penilaian Tengah Semester mengenai kompetensi dasar. Selain itu, PTS sendiri memiliki beberapa fungsi dan tujuan.


Tujuan dari penilaian tengah semester ini meliputi:

  1. Mengukur hasil pembelajaran yang peserta didik selama setengah semester
  2. Mengukur apakah materi pelajaran yang dari para guru pada setiap mata pelajaran selama setengah semester melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah mampu dipahami oleh pelajar
  3. Mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan
  4. Sebagai sarana pembangun motivasi belajar untuk pelajar


Sementara itu, fungsi dari  Penilaian Tengah Semester yaitu:

  1. Sebagai pendorong peningkatan mutu belajar
  2. Bentuk evaluasi bagi para guru
  3. Alat pengendali mutu pendidikan secara umum

Istilah selain PTS

Selain PTS terdapat beberapa istilah lainnya seperti: PAS dan UKK. PAS sendiri merupakan singkatan dari Penilaian Akhir Semester. Penilaian akhir semester berlaku setiap kali akhir semester. Tak jauh berbeda dengan PTS tujuan dari PAS antara lain:

  1. Mengetahui kemajuan dan hasil belajar pelajar selama satu semester
  2. Sebagai bahan acuan perbaikan sistem belajar mengajar kedepannya
  3. Memotivasi para siswa melalui cara mengenal diri serta merangsang untuk melakukan perbaikan kedepannya.


Beberapa acuan penilaian akhir semester adalah:

  1. Objektif yakni penilaian pelajar tidak terpengaruhi oleh subyektivitas pemberi nilai, perbedaan latar belakang hingga hubungan emosional.
  2. Valid, penilaian hasil belajar oleh para guru harus mengukur pencapaian yang sudah ada dalam aturan standar yang berlaku.
  3. Adil, penilaian hasil belajar satu semester tidak bersifat menguntungkan maupun merugikan para belajar.
  4. Menyeluruh dan Berkesinambungan, penilaian hasil belajar harus mencakup semua aspek dengan menggunakan teknik penilaian yang sesuai dengan aturan.
  5. Sistematis, penilaian yang ada sudah berjalan sesuai dengan langkah-langkah baku.


0 komentar:

Posting Komentar